Jika link duplicate title tags
ini dibuka maka akan terlihat postingan mana saja yang terindikasi
sebagai duplicate title tags. Anda dapat melihat dua URL terbentuk untuk
setiap postingan jika icon panah warna hitam disebelah kiri
postingan ini di expand. Ada satu bentuk URL yang saya sendiri belum
mengetahui asal-usulnya, URL ini sama seperti URL postingan pada umumnya
namun ada penambahan karakter unik ?m=0 seperti gambar di bawah ini.
Cara Memperbaiki Duplicate Title Tags
Ada beberapa tutorial hasil browsing yang saya temukan untuk memperbaiki duplicate title tags ini di antaranya :
1. Menambahkan rel='canonical'
Jika menggunakan cara ini maka Anda harus menambahkan elemen rel='canonical'
pada URL halaman Anda yang terindikasi sebagai duplicate title tags,
seperti di bawah ini, pada bagian head postingan dalam mode HTML.
<link rel="canonical" href="http://www.multipaste.web.id/2012/04/mengatur-tampilan-widget-blogger.html"/>
Tentu saja hal ini akan sangat
merepotkan jika postingan yang terdeksi sebagai title tags banyak,
seperti yang saya alami terdapat 88 duplicate title tags, kemudian harus
menambahkannya satu persatu pada setiap halaman tersebut, sungguh ini
suatu pekerjaan yang membosankan.
2. Mengatur URL Parameters
Solusi kedua adalah mengatur URL Parameters di Google Webmaster Tools. Pada halaman dashboard, pilih menu Configuration, di bawah menu ini terdapat menu URL Parameters, pilih menu ini dan lihat apakah ada parameter m di dalamnya. Pada bagian parameter m ini klik link Edit di sebelah kanan dan atur setingan menjadi No: Doesn't affect page content (ex: track usage) seperti gambar di bawah ini. Jika Anda tidak menemukan parameter m ini, maka Anda dapat menambahkannya melalui tombol Add parameter.
3. Menambahkan parameter pada robots.txt
Jika kedua cara di atas belum dapat mengatasi duplicate title tags, maka Anda dapat menambahkan baris perintah pada pengaturan parameter robots.txt yang tidak mengizinkan robot mesin pencari untuk mengcrawl url unik yang berakhiran ?m=0, bentuk baris perintah yang ditambahkan pada pengaturan parameter robots.txt adalah seperti di bawah ini
Atau anda dapat melihat parameter robots.txt yang terpasang pada blog ini, karena saya telah menggabungkan cara kedua dan cara ketiga untuk mengatasi duplicate title tags pada Google Webmaster Tools dan Alhamdulillah berhasil.
Jika Anda punya pengalaman lain, saya mengajak Anda untuk berbagi informasi pada bagian komentar blog ini, agar pengetahuan kita menjadi bertambah, sukses untuk Anda dan happy bloging.
Solusi kedua adalah mengatur URL Parameters di Google Webmaster Tools. Pada halaman dashboard, pilih menu Configuration, di bawah menu ini terdapat menu URL Parameters, pilih menu ini dan lihat apakah ada parameter m di dalamnya. Pada bagian parameter m ini klik link Edit di sebelah kanan dan atur setingan menjadi No: Doesn't affect page content (ex: track usage) seperti gambar di bawah ini. Jika Anda tidak menemukan parameter m ini, maka Anda dapat menambahkannya melalui tombol Add parameter.
3. Menambahkan parameter pada robots.txt
Jika kedua cara di atas belum dapat mengatasi duplicate title tags, maka Anda dapat menambahkan baris perintah pada pengaturan parameter robots.txt yang tidak mengizinkan robot mesin pencari untuk mengcrawl url unik yang berakhiran ?m=0, bentuk baris perintah yang ditambahkan pada pengaturan parameter robots.txt adalah seperti di bawah ini
Disallow: /?m=0
Disallow: /?m=1
Disallow: /*/*/*.html?m=0
Disallow: /*/*/*.html?m=1
Atau anda dapat melihat parameter robots.txt yang terpasang pada blog ini, karena saya telah menggabungkan cara kedua dan cara ketiga untuk mengatasi duplicate title tags pada Google Webmaster Tools dan Alhamdulillah berhasil.
Jika Anda punya pengalaman lain, saya mengajak Anda untuk berbagi informasi pada bagian komentar blog ini, agar pengetahuan kita menjadi bertambah, sukses untuk Anda dan happy bloging.



Tidak ada komentar:
Posting Komentar